Baca Selanjutnya Di: http://entry44.blogspot.com/2010/04/cara-membuat-link-berkedip-saat-kursor.html#ixzz1NzR3zzVK simfony jiwa: Tingkatkan Harga Diri Anda!

Translate

lagi nge-hop

Thursday, February 3, 2011

Tingkatkan Harga Diri Anda!

Pernahkah anda merasa harga diri anda seperti diinjak-injak, begitu lama mendengar begitu merasa kesal, dan dendam? Eits, tunggu dulu...tahan teman-teman.
Contoh kasus:
Si A tidak tahu menahu masalah yang begitu membuat si B marah-marah terhadap si A, dia berkata demikian, "Alah kamu, dasar kutu kampret." "Kamu ini dasar bodoh, goblok." "Kurang ajar banget si kamu jadi orang."

Pikiranmu itu seperti sebuah parasut. Kalau kamu ingin parasutmu mengembang waktu kamu lagi terjun payung, kamu harus membukanya dulu.
 
Nih dia, suatu kasus kata-kata yang membuat si B mengatakan hal yang negatif sampai merasa si A harga dirinya menjadi ciut. Alasan kenapa si B mengatakan demikian, diakibatkan si A membuat sesuatu yang dianggapnya si B gagal atau nggak mampu memenuhi harapan si B.

  • Kegagalan itu bukanlah hal yang buru; bahkan, hal tersebut seharusnya menjadi pemicu untuk berbuat lebih baik. 
  • Orang yang mencoba melakukan sesuatu dan gagal jauh lebih baik ketimbang mereka yang nggak berbuat apa-apa, tapi sukses.

Namun, kebanyakan remaja sekali seorang remaja merasa bahwa dirinya nggak berguna, akan menjadi teramat sulit baginya untuk mengumpulkan semangat dan bangkit kembali meniti jalan yang benar.
Terkadang ada hal yang menyebabkan seorang remaja menjadi lebih menutup diri dan menjauhkan mereka dari yang lain dikarenakan penolakan; seperti: nggak disukai teman, dijailin teman karena alasan anak baru.

Ada cara yang kami usulkan untuk meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri:
  1. Cobalah bikin daftar plus minus kamu di selembar kertas kosong. Isilah tiap harinya, apa yang kamu peroleh setiap hari, lebih cenderung hal jeleknya atau hal positifnya. Di sana kita bisa menilai, apa kita terlalu menganggap rendah harga diri kita? Atau merasa harga diri kita sudah pas.  Improvement (perbaikan diri) dimulai dari I (Aku).
  2.  Belajar menjadi lebih tegas. Tataplah matanya, berdiri tegak, lalu katakan apa yang ingin kamu tegaskan. Jangan takut untuk menjadi dirimu sendiri. Mulailah menjadi lebih tegas kepada orang yang kamu sayangi, mempelajari cara memulai percakapan, Buat pernyataan denga kata "aku",.
  3. Belajar mengatakan hal-hal positif terhadap diri sendiri. Ini untuk meningkatkan penghargaan diri yang sehat. Jangan dengarkan bisikan yang membuatmu melemah. Hentikan saat itu juga ketika kamu berpikir hal yang negatif. Hal negatif hanya membuat makin pening kepala, dan makin membuat kesehatan ikut menurun.
  4. Targetkan untuk sukses. Memulai dari hal-hal kecil; seperti: "menyapa hallo." Dan tingkatkan lagi. Anggaplah dalam hal ini kamu seperti seorang bayi yang butuh belajar, belajar, dan mengamati sekitar..agar mampu bisa berjalan menjadi dewasa seperti apa yang kamu inginkan. 
  5. Tanggung jawab sesuai apa yang kamu lakukan. Menyalahkan orang lain hanya memperburuk suasana, dan nggak ada pemecahan solusi. Itu membuatmu menjadi benar-benar pengecut. Jika kamu bersedia mengakui kesalahan ketika kamu salah, kamu benar. Pasti asik menyadari bahwa kamu cukup kuat untuk menghadapi setiap kesalahan yang kamu lakukan. Sungguh perhargaan anugerah yang luar biasa bagi diri anda.
  6. Berpegang pada apa yang menurutmu benar. Melakukan kesalahan memposisikan dirimu sedang berada di ujung tanduk. Kamu harus mampu menghadapinya, menerima segala konsekuensinya, dan keputusan yang kamu buat harus benar-benar di pilih dari berbagai opsi-opsi  dan yang paling penting dalam hidup anda. Biarkan orang lain yang menilai, betapa bijaksananya dirimu dengan pemikiran dan perilakumu. Cara memperlakukan orang lain akan mempengaruhi cara mereka memperlakukanmu.
  7. Membantu orang lain. Keagungan hidup ada pada mencintai, bukan dicintai, memberi, bukan menerima; melayani, bukan dilayani. Bantulah orang lain yang benar-benar membutuhkan, itu akan membantu jiwamu merasa tenang. Dan hal ini juga bisa meningkatkan harga dirimu.
  8. Belajar menyelesaikan persoalanmu sendiri. Apabila suatu saat kamu ragu dengan opsi jawaban permasalahanmu, carilah referensi pemecahan masalah dari teman terpercaya anda. Dengarkan dengan seksama, dan buatlah keputusanmu sendiri. Meminta bantuan bukanlah menjadikanmu suatu bukti kelemahan, melainkan cara belajar yang paling baik. Belum tentu pengalaman kita lebih jauh dari orang yang kita percaya itu. Kemungkinan hal, dia pernah mengalami hal itu juga. Dari sana kita bisa memetik hikmah apa yang sebaiknya kita lakukan.
Perilaku merupakan sebuah cermin tempat kita semua menampilkan citra diri kita.

 


No comments:

follow

Followers

My Blog List