Baca Selanjutnya Di: http://entry44.blogspot.com/2010/04/cara-membuat-link-berkedip-saat-kursor.html#ixzz1NzR3zzVK simfony jiwa: 01/17/11

Translate

lagi nge-hop

Monday, January 17, 2011

MIND MAP

Istilah mind map atau “peta pikiran” memang bukan istilah yang baru. Sebuah metode yang diajarkan dan dipelajari untuk membuat kerja otak lebih efisien dan mampu mengingat hal2 yang banyak dengan cara yang lebih mudah.
http://sannywannatell.wordpress.com/2008/12/03/mind-map

Meskipun sudah pernah mendengar istilah ini, saya sendiri ga pernah terlalu tertarik mempelajari mind map.
Tapi ketika seorang dosen kemaren ngomong mau mengajarkan mind map di sebuah kelas, saya pun meminta izin untuk ikut. Yah, secara bisa belajar langsung, ga perlu membaca buku (hehe, emang rada malas, tapi kalo bisa diajarin dan kemudian ada yang kurang jelas, baru konsultasi ke buku2 yang tersedia :-P )

Di kelas itu, saya bergabung dengan beberapa anak tahun pertama yang berasal dari Aceh. Selama 2 jam 30 menit pembelajaran, kita diterangkan tentang sejarah mind map, kekurangan dan kelebihan standard note dan mind map serta radiant thinking. Kemudian kita sendiri juga langsung latihan untuk membuat mind map dan belajar tentang radiant thinking.
Ternyata mind map dan radiant thinking sendiri bisa banyak membantu kita agar lebih efisien dalam menggunakan waktu dan kertas. Mind map juga menunjukkan seseorang secara individu karena mind map itu sendiri seperti sebuah hasil karya yang paling mungkin dimengerti oleh sang pembuat sendiri. Ga semua orang bisa mengerti mind map yang dibuat oleh orang lain, karena berhubungan dengan “asosiasi” dan pola pikir orang itu sendiri.
Di akhir pelajaran, kita juga diperkenalkan sebuah software yang membantu untuk membuat mind map dan juga mengefisiensikan pekerjaan kita dalam brainstorming dan membuat suatu keputusan. Keren ya kemajuan teknologi sekarang, banyak banget alat2 pendukung yang bisa memudahkan pekerjaan manusia (haha, katro banget sih…. :-P )
sumber http://purnawan.web.id/2008/11/461/

Beberapa pelajaran yang bisa saya petik adalah, jangan pernah menganggap enteng kemampuan otak kita. Karena sebenarnya otak manusia mempunyai kemampuan yang tidak terbatas, hanya pembatasan2 dan pengotak-kotakan yang selama ini membuat kita merasa kurang. Juga, seberapa pun tinggi teknologi yang telah tercipta, tetap harus disadari ‘mereka’ itu adalah hasil ciptaan manusia yang dibuat untuk meringankan pekerjaan manusia. Jangan sampai yang terjadi adalah sebaliknya, manusia dikuasai oleh teknologi.




 
http://nobon-enterprise.blogspot.com/2010/06/inovasi-pembelajaran-untuk-meningkatkan.html


CARA MEMBUAT MIND MAPPING

Filed under: Uncategorized — wecca @ 11:25 pm
Mulailah dari bagian TENGAH kertas kosong yang sisi panjangnya diletakkan mendatar
Gunakan GAMBAR atau FOTO untuk ide sentral
Gunakan WARNA
Hubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat dan hubungkan cabang-cabang tingkat dua dan tiga ke tingkat satu dan dua, dst.
Cabang tingkat pertama dari topik harus ditulis huruf kapital
Setiap cabang ditulis dengan satu warna
GUnakan gambar, simbol, grafik dll
Buatlah garis lurus yang melengkung
Gunakan satu atau dua kata kunci untuk setiap garis
Contoh:
http://www.google.co.id/imglanding?q=mind+mapping&um=1&hl=id&client=firefox-a&sa=X&rls=org.mozilla:en-US:official&biw=1024&bih=576&tbs=isch:1&tbnid=QCr_IF3rsNFTMM:&imgrefurl=http://wecca.wordpress.com/2010/09/22/cara-membuat-mind-mapping/&imgurl=http://wecca.files.wordpress.com/2010/09/mindmap.jpg&ei=s9szTcLKDdHorQebh6TKCA&zoom=1&w=2249&h=1754&iact=rc&oei=s9szTcLKDdHorQebh6TKCA&esq=1&page=1&tbnh=138&tbnw=177&start=0&ndsp=12&ved=1t:429,r:3,s:0
http://pkab.wordpress.com/2008/06/26/analisis-latar-belakang-kaisar-yulius/


Sur berkomentar: Bagi yang baru melihat peta konsep atau peta pikiran seperti contoh di atas bisa jadi impresi awalnya memusingkan dan sulit untuk mengerti. Petunjuk pembacaan secara konvensi (aturan tak tertulis) adalah dimulai dari dahan yang terletak pada jam 1 searah jarum jam ke jam 11. Contoh: Cerita Caesar ini ditulis (Written) semasa periode Elizabeth (Elizabethan Period) di mana saat itu Theater-theater (Theaters) menjadi populer (became popular), yaitu pada tahun 1599 oleh William Shakespeare. Cerita tersebut memiliki karakteristik: Kedamaian, Hirarki Kekuasaan, Pengkhianatan (di mana hukumannya adalah hukuman mati), Monarki Inggris, pendidikan dan kekayaan.
Bila cara belajar anda bisa menggunakan kata kunci dan gambar kunci, dalam bentuk sketsa dan ada hubungan antara mereka, apalagi dibantu dengan warna, dan anda bisa menceritakan kembali dari semuanya itu maka apa yang anda pelajari itu akan menancap dengan kuat dalam benak otak anda. Karena belajar itu menjadi bermakna. Inilah cara belajar menggunakan Peta Konsep, atau bilang Quantum Learning (belajar adalah menyenangkan!)
Artikel yang berhubungan dengan Quantum Learning.

follow

Followers

My Blog List