Baca Selanjutnya Di: http://entry44.blogspot.com/2010/04/cara-membuat-link-berkedip-saat-kursor.html#ixzz1NzR3zzVK simfony jiwa: 11/15/11

Translate

lagi nge-hop

Tuesday, November 15, 2011

Materi mind mapping ala Cahaya Sari


A.    PENGERTIAN MIND MAPPING

Bobbi De Potter dan Mike Hernacki (2009:153) mendefinisikan pemetaan pikiran sebagai teknik pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk membentuk kesan.
Tony Buzan (2009:12) menyatakan bahwa mind map adalah sistem penyimpanan, penarikan data, dan akses yang luar biasa untuk perpustakaan raksasa, yang sebenarnya ada dalam otak Anda yang menakjubkan.
Menurut Rose (Azmi Yuliani, 2005:23) pemetaan pikiran adalah alat untuk mengubah gagasan dan fakta menjadi pola kata-kata visual yang mudah disingkat.
Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa mind mapping adalah teknik pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual berupa simbol-simbol, gambar, kode dan warna yang saling berhubungan untuk membentuk suatu konsep pemecahan masalah atau ide tertentu yang kasat mata.

B.              B.  TUJUAN MIND MAPPING
Penggunaan mind mapping akan menyebabkan proses belajar yang menyenangkan dan mendorong seseorang untuk mandiri belajar serta sukses dalam rangkaian pencapaian tujuannya dan ternyata mind mapping juga bisa dijadikan media untuk menyatakan sesuatu dalam rupa pola diagram. Lebih mudah, lebih ilmiah, dan lebih terbaca apa yang ingin kita uangkapkan.
Mind mapping dapat membantu dalam menyusun suatu alur pemikiran ataupun kronologis suatu peristiwa atau masalah. Sandy MacGregor (Yani Fadhilah, 2009: 12-13) menyatakan ketika anda menulis esai atau masalah, banyak ide yang datang ke dalam pikiran anda itu secara acak. Kemudian anda menyortirnya, lalu anda menyusunnya secara kronologis. Peta pikiran (mind mapping) membantu anda dalam pikiran anda itu secara acak. Peta pikiran (mind mapping) membantu anda melakukan hal ini dengan mencatat pikiran-pikiran ini dalam susunan yang tidak beraturan
Menurut Azmi Yuliani (2005:24) mengemukakan garis besar tujuan yang dapat diperoleh siswa dari mind mapping, yaitu sebagai berikut:
a.    Pemetaan pikiran dapat membantu siswa memahami materi pelajaran dengan lebih mudah karena cara kerjanya yang sama dengan cara otak menyimpan informasi.
b.   Pemetaan pikiran dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi siswa, sehingga siswa dapat mengemukakan gagasannya dengan optimal.
c.    Pemetaan pikiran dapat membantu siswa untuk memahami materi secara keseluruhan sehingga dapat mengetahui maksud dan tujuan dari perencanaan karir.
d.   Pemetaan pikiran dapat membantu siswa berpikir secara fleksibel, tidak kaku dan tidak terpaku pada rencana-rencana karir yang tersimpan di otak.
e.    Pemetaan pikiran dapat membantu siswa merencanakan karir dengan lebih menyenangkan, karena tampilan pemetaan pikiran yang menarik, mudah dimengerti serta disertai simbol, lambang dan warna yang dapat menimbulkan peningkatan minat dalam merencankan karir.

  1. PRINSIP-PRINSIP
Prinsip-prinsip atau hukum dalam membuat sebuah mind mapping menurut Sandy MacGregor (1992:55) adalah sebagai berikut: sederhana, warna, gambar, kata kunci, tanda-tanda (simbol), kepribadian, Anonim (http://en.wikipedia.org/wiki/Mind_map) dijelaskan bahwa pembuatan mind mapping prinsipnya sederhana, cukup anda ikuti kemana otak berpikir, apa yang terlintas, apa yang teringat, dan tuliskan di atas kertas dalam bentuk coretan yang berkait-kaitan. Coretan tersebut dimulai dari tengah kertas sebagai pusat, kemudian mengembang keluar ke arah tepi kertas. Kesederhanaan, unsur-unsur visual seperti warna, gambar, simbol dan kata kunci akan menjadikan pekerjaan membuat peta pikiran menyenangkan. Unsur kepribadian pada mind mapping ditunjukkan setiap siswa bisa mengembangkan mind mapping sesuai gayanya akan membuat siswa merasa dihargai dan meningkatkan kreatifitasnya.
Pembuatan mind mapping tidak membutuhkan banyak persiapan, cukup menggunakan alat-alat tulis yang biasa dipakai siswa. Jadi tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Selebihnya yang dibutuhkan adalah otak dan imajinasi siswa itu sendiri.
Dalam http://en.wikipedia.org/wiki/Mind_map dijelaskan sebagai berikut:
Prinsipnya sederhana, cukup anda ikuti kemana otak berpikir, apa yang terlintas, apa yang teringat, dan tuliskan di atas kertas dalam bentuk coretan yang berkait-kaitan. Coretan tersebut dimulai dari tengah kertas sebagai pusat, kemudian mengembang keluar ke arah tepi kertas. Inilah konsep radiant thinking. Mind map berfungsi sebagai alat bantu untuk memudahkan otak bekerja. Manfaat mind map adalah: mempercepat pembelajaran, melihat koneksi antar topik yang berbeda, membantu ‘brainstorming’, memudahkan ide mengalir, melihat gambaran besar, memudahkan mengingat, menyederhanakan struktur dan lain-lain.

Pembuatan mind mapping akan lebih mudah jika point-pointnya sudah dipahami. Point-point penting pada mind map adalah sebagai berikut:
a.       Asosiasi
Asosiasi adalah hubungan antara tanggapan yang satu dengan tanggapan yang lain. Menurut Iwan Sugiarto (2004:58), kita lebih mudah mengingat suatu hal, apabila suatu hal tersebut berkaitan/berasosiasi dengan hal yang telah kita ketahui sebelumnya. Asosiasi terjadi berdasarkan hukum asosiasi. Hukum asosiasi antara lain:
1)      Hukum berturutan: beberapa tanggapan yang dialami seseorang berturutan akan membentuk asosiasi. Misalnya mengucapkan 1, 2, 3 akan teringat 4, 5, 6.
2)      Hukum sama saat atau serentak: beberapa tanggapan yang dialami serentak atau dalam waktu yang bersamaan, cenderung berasosiasi satu dengan yang lain. Misalnya, pada waktu orang mengatakan siswa SMK, maka pada saat itu juga terbayang olehnya anak remaja yang berpakaian seragam SMK.
3)      Hukum kesamaan atau kesesuaian: beberapa tanggapan yang serupa, mirip atau identik satu dengan yang lain akan berasosiasi. Misalnya melihat serigala teringat anjing, melihat harimau teringat kucing.
4)      Hukum berlawanan: anggapan yang berlawanan satu dengan yang lain, cenderung berasosiasi. Misalnya guru yang menghadapi siswa pandai akan terkenang siswa yang bodoh.
Pencarian asosiasi diantara ide atau informasi akan membantu otak membentuk kaitan diantara ide-ide tersebut akan mendorong otak mengingat secara sinergis. Asosiasi yang dibuat dalam bentuk gambar dan kata kunci pada mind map akan sangat membantu siswa mengingat materi yang diringkas dalam mind map tersebut.
b.      Gambar dan Lambang
Gambar dan lambang merupakan stenografi bagi otak. Bagian otak kanan lebih cepat merasakan gambar dan pola. Menambahkan lambang dan gambar dalam mind map membantu menyampaikan peran secara visual kebenak siswa. Gambar dan lambang yang digunakan untuk menyoroti gagasan dan merangsang pikiran agar membentuk kaitan yang lain.
Mengembangkan sistem lambang yang merupakan bentuk untuk berkomunikasi dengan dirinya sendiri. Beberapa lambang yang umum dipakai yaitu:
                        # tanda panah ke atas             : lebih banyak, lebih tinggi, meningkat
$ tanda panah ke bawah         : kurang dari, lebih sedikit, menurun
" tanda panah ke kanan         : lebih cepat
! tanda panah ke kiri             : lebih lambat
! tanda seru                             : kegembiraan dan antusiasme, pasti
? tanda tanya                           : ketidakpastian, periksa lagi nanti
*tanda bintang                                    : gagasan penting atau lihat kutipan
Gambar berperan besar dalam ingatan siswa, ini tercantum dalam perkataan “sebuah gambar mengandung seribu makna”. Mind map bukan hanya sebuah gambar tetapi gambar yang mengandung gambar-gambar.
c.       Warna
Menambahkan warna pada mind map adalah langkah maju yang alami. Penataan warna bisa digunakan untuk menyoroti wilayah-wilayah yang berada di mind map. Warna-warna yang berbeda pada mind map akan menjadikan informasi (tulisan) yang tercantum pada mind map maka terlihat menarik bagi otak. Menurut penilitian, 80% manusia lebih mudah mengingat apa yang mereka baca, jika dalam bentuk warna (Iwan Sugiarto, 2004:83).
Warna yang berbeda pada setiap tulisan juga akan menata informasi-informasi menjadi wilayah bahasan yang terpisah. Warna yang diletakkan pada kata kunci berfungsi menerangi dan menekankan betapa pentingnya sebuah informasi, selain itu akan lebih mudah diingat oleh siswa.
d.      Kata Kunci
Kata kunci (Iwan Sugiarto, 2004:83) adalah kata yang mewakili suatu kalimat atau beberapa kalimat yang memberi kita pengertian untuk mencapai suatu kesimpulan yang jelas kata kunci yang sebaiknya dipilih dalam membuat mind map adalah:
1)      Kata benda: kata ini dapat berarti nama orang, nama tempat, atau sesuatu yang penting.
2)      Kata kerja: kata tersebut biasanya diambil untuk menunjukkan aktivitas atau keadaan.
3)      Kata sifat: kata tersebut biasanya diambil yang berhubungan dengan suatu benada.

D.                   D.     LANGKAH-LANGKAH
Bobbi De Potter dan Mike Hernacki (2001: 156) menyebutkan langkah-langkah mind mapping seperti berikut:
1)   Tulislah gagasan utamanya ditengah-tengah kertas dan lingkupilah dengan lingkaran, persegi atau bentuk lain. Misalnya peta pikiran saya dilingkupi oleh gambar bohlam.
2)   Tambahkan sebuah cabang yang keluar dari pusatnya untuk setiap point atau gagasan utama. Jumlah cabang-cabang akan bervariasi, tergantung dari jumlah gagasan atau segmen. Gunakan warna yang berbeda untuk tiap-tiap cabang.
3)   Tulislah kata kunci atau frase pada tiap-tiap cabang yang dikembangkan untuk detail. Kata-kata kunci adalah kata-kata ingatan anda. Jika anda menggunakan singkatan, pastikan bahwa anda mengenal singkata-singkatan tersebut. Sehingga anda dengan mudah segera mengingat artinya selama berhari-hari atau berminggu-minggu setelahnya.
4)   Tambahkan simbol-simbol atau ilustrasi-ilustrasi untuk mendapatkan ingatan yang lebih baik.

Langkah-langkah pembuatan mind mapping di atas pada dasarnya sama. Jadi langkah mind mapping secara umum adalah sebagai berikut:
1)   Buatlah gagasan utama, bisa berupa gambar , foto atau tulisan ditengah-tengah karena yang diletakkan mendatar. Lingkupi dengan lingkaran, persegi atau bentuk lain sebagai pembatas.
2)   Tambahkan sebuah cabang untuk setiap point atau pokok bahasan yang keluar dari pusatnya (gagasan utama). Jumlah cabang sesuai dengan jumlah pokok bahasan atau segmen.
3)   Gunakan warna yang berbeda untuk masing-masing cabang.
4)   Tulislah kata kunci atau frase pada setiap cabang dengan kata kunci atau frase yang mudah anda ingat dan anda fahami.
5)   Tambahkan gambar-gambar, simbol-simbol atau kode-kode untuk mendapatkan ingatan yang lebih baik.
6)   Kembangkan peta pikiran anda sesuai dengan gaya anda.
7)   Beri penekanan pada pokok bahasan (cabang) yang akan dibahas lebih mendalam dengan pemberian garis atau penggunaan huruf yang lebih besar.
8)   Buatlah peta pikiran secara horizontal untuk memperbesar ruang dari pekerjaan anda.
9)   Jaga peta pikiran anda tetap jernih, sesuai dengan gagasan utama.
Penggunaan foto, gambar atau tulisan yang akan dijadikan gagasan utama boleh dilakukan sesuai keinginan masing-masing. Yang perlu diperhatikan adalah gagasan utama harus paling menonjol diantara yang lainnya supaya dapat dijadikan titik fokus. Bahkan keduanya bisa digabungkan misalnya gambar pantai dan tulisan liburan dijadikan gagasan utama mind map rencana liburan akhir semester. Pemilihan simbol, warna dan gambar juga tidak ada patokan sesuai dengan imajinasi masing-masing siswa. Guru Bimbingan dan Konseling atau peneliti hanya perlu mengingatkan agar siswa tetap fokus dengan gagasan utama. Namun demikian tidak membatasi kreatifitas dan imajinasi siswa.

  1. ALAT YANG DIGUNAKAN
Tony Buzan (2009:14) menuliskan, dalam pembuatan mind mapping yang diperlukan: kertas kosong tak bergaris, pena dan pensil warna, otak dan imajinasi.

HAVE a FUN!

kenali karakteristik gaya belajar anak anda..

sebelum membuat mind mapping ketahui dahulu karakteristik anak anda dalam belajar

1. Si penunda
 a.belajar saat besok mau ujian
 b.menunda-nunda PR/tugas sampai detik2 terakhir
 c.punya motto"nanti saya akan berhenti menunda-nunda"
 d.sulit merencanakan sebelumnya
si penunda--> otak tak akan bekerja sebelum ada sesuatu keadaan darurat--> bisa saja lulus dg nilai baik tapi tidak belajar apapun--> kerugian:kesulitan saat kuliah, stres dan kecemasan, kelelahan, prestasi biasa-biasa--> solusi: kurangi sifat penunda dengan mengerjakan persiapan ujian lebih awal dan stres berkurang.

2. Si "Ya" deh
 a.berusaha menyenangkan ortu
 b.sukit mengatakan"tidak"
 c.tidak berani menolak ajakan/ mengecewakan org lain padahal besok ada ujian
 d.melakukan kegiatan yg tidak penting bagi diri sndri demi orang lain
si "Ya"deh--->otak jadi plin-plan dan hanya mengikuti arah angin-->bisa saja lulus ujian tapi nilainya rata-rata/biasa saja-->kerugian: suka dimanfaatkan org lain, kurang disiplin, merasa kurang dihargai-->solusi: belajar berkata tidak terhadap hal-hal yang tidak penting yang menarikmu dari hal penting seperti persiapan ujian.

3. Si Pemalas
 a.terlalu banyak nonton tv/ tidur
 b.terlalu banyak main komputer/video game/internet
 c.suka ngobrol di telpon lama2
 d.suka ke mal
 e. suka baca komik
si pemalas-->otak jadi malas belajar-->terancam tdk lulus / nilai pas-pas-an-->kerugian: kurang bertanggung jawab, rasa bersalah, malas, prestasi biasa-biasa saja--> solusi: kurangi kegiatan bermalas-malasan, jangan buang waktu!rileks berlebihan justru merusak persiapan ujian

hanya si Prioritas yang bisa tersenyum hadapi ujian
4. Si prioritas
 a. memeriksa segala hal yg perlu dikerjakan sebelum ujian
 b.mengerjakan yang utama lebih dulu dan kurang penting terakhir
 c.mengerjakan PR tepat waktu
 d.terhindar dari stres dan kelelahan
 e.meluangkan waktu untuk orang lain dan rileks
 f. menolak ajakan teman keluar rumah (tanpa tujuan yang jelas) ketika besok ada ujian
si prioritas-->otak terampil membuat persiapan dan perencanaan ujian-->lulus ujian dg nilai sangat memuaskan--> keuntungan: walau kurang populer(dianggap kurang gaul) di mata teman2 tapi lama2 teman akan menghormati prestasimu, hidup lebih terkendali dan seimbang, prestasi tinggi dan disukai oleh guru2

Bahan2 yang perlu dipelajari untuk ujian
1. buku
2. catatan
3. ringkasan (mind mapping)
4. handout
5. makalah
6. bahan ujian sebelumnya
7. lain2

saya punya musik audio mp3 terapi fokus belajar, redam emosi, jika berminat 1 lagu saya beri tarif 15rb. maaf..ini hanya promosi.

follow

Followers

My Blog List