Baca Selanjutnya Di: http://entry44.blogspot.com/2010/04/cara-membuat-link-berkedip-saat-kursor.html#ixzz1NzR3zzVK simfony jiwa: JENIS MEDIA

Translate

lagi nge-hop

Monday, December 27, 2010

JENIS MEDIA

Tugas meringkas
Mata kuliah: MEDIA BK
Dosen pengampu: Drs.Sunaryo, M.Pd

Nama Cahaya Fitria Sari
NIM: 0831239
Semester: IV Anfulen Purworejo
JENIS MEDIA
  1. Chart
  • Dapat dikatakan presentasi berupa gambar grafis yang menginformasikan hubungan-hubungan (misal: kronologis, jumlah dan hierarki).
  • Banyak terdapat dalam buku teks sebagai tabel.
  • Dapat dipergunakan untuk mengajar siswa secara klasikal yakni dengan cara membuatnya menjadi besar dan biasanya ditempelkan di dinding.
  • Tipe chart:
  1. chart organisasimenunjukkan hubungan atau rantai komando dalam suatu organisasi(missal:perusahaan, lembaga pemerintahan),
  2. chart garis waktu
      • menggambarkan hubungan kronologis antar beberapa peristiwa.
      • dipergunakan untuk menunjukkan kronologis waktu suatu peristiwa bersejarah,
      • dapat memberikan gambar atau ilustrasi lainnya untuk memperjelas pesan dan memperindah penampilan,
      • sangat baik untuk meringkas suatu sekuensa waktu dari suatu peristiwa
  1. chart klasifiasi,
  • hampir sama dengan chart organisasi
  • dipergunakan untuk klasifikasi atau kategorisasi objek, kejadian atau spesies tertentu.
  1. chart aliran,
  • menunjukkan sebuah sekuensa, sebuah prosedur atau sebuah proses.
  • Sering dibuat horizontal; dan menunjukkan bagaimana kegiatan atau prosedur yang berbeda tampil dalam suatu kesatuan.
  1. chart tabulasi.
  • Berisi informasi angka atau data
  • Sering dipergunakan untuk informasi waktu (misal: table waktu dari keberangkatan bis kota, pesawat, kreta)

  1. Grafik
  • Bentuk grafik hanya menyajikan bentuk visual dari sejumlah angka
  • Macam grafis
  1. Grafik batang
  • Termasuk mudah dibaca dan dapat dipergunakan untuk anak usia sekolah dasar.
  • Tinggi batang menunjukkan jumlah angka yang diwakilinya
  • Lebar setiap batang harus sama agar tidak menimbulkan kebingungan
  • Batang-batang grafik dipergunakan sebagai perbandingan antar beberapa hal dalam satu satuan waktu, atau satu hal dalam beberapa kurun waktu.

  1. Grafik gambar
  • Menggunakan gambar sederhana untuk mempresentasikan sejumlah angka
  • Tampak lebih menarik terutama bagi anak-anak/ orang dewasa yang sangat awam dalam membaca grafik.
  • Lebih sukar dibaca daripada grafik batang karena membuat gambarnya sebagian dari benda konkret untuk menunjukkan jumlah tertentu.
  • Untuk mengurangi kebingungan dalam membaca ditulis berapa jumlah angka yang diwakili oleh satu gambar, setengah, seperempat, dsb.
  1. Grafik lingkaran atau pastel
  • Grafik lingkaran dibagi menjadi beberapa bagian yang masing-masing bagian mewakili bagian atau persentase dari suatu jumlah keseluruhan.
  1. Grafik garis
  • Merupakan grafik yang paling presisi/ tepat dalam mewakili angka dan dapat mewakili data yang lebih kompleks.
  • Berada dalam kawasan garis vertikal dan horizontal yang mempunyai titik-tik yang berjarak sama satu sama lain.
  • Setiap titik mempunyai nilai masing-masing dan garis/ kurva digambar untuk menghubungkan poin-poin tersebut.
  • Pertimbangan seberapa kompleks informasi yang disajikan dalam memilih grafik:
  • Menyajikan visual yang secara sederhana dapat mewakili angka.
  • Menyajikan gambar lebih konkret dibandingkan grafik lainnya. Dalam hal ini siswa diwakili gambar orang dan bukan diwakili garis, gambar batang atau lingkaran.

  1. Poster
  • Bersifat persuasivemenarik perhatian dengan menyatukan gambar, warna, tulisan, dan kata-kata.
  • Agar efektif poster hendaknya berwarna dan dinamis.
  • Harus dapat menarik perhatian dan berkomunikasi secara cepat yang melihatnya.
  • Banyak dipergunakan untuk pesan-pesan khusus (peringatan, anjuran).

  1. Bulletin Board
  • Merupakan media display yang sifatnya umum (berisi pesan bukan untuk sekelompok orang namun juga untuk suatu populasi).
  • Dapat berisi berita, pengetahuan, pesan singkat.
  • Fungsinya hampir sama dengan majalah dinding, bedanya bulletin board digunakan untuk pengetahuan yang sederhana
  • Secara fisik merupakan suatu bidang datar dengan berbagai ukuran dan bentuk (persegi panjang) yang terbuat dari bahan yang dapat tembus paku paying atau benda tajam dengan tanpa merusak permukaannya.
  • Berbentuk besar, ditempatkan di tempat khusus tanpa dipindah-pindah.
  • Mengandung 3 unsur yaitu unsur dekoratif (jika dipergunakan di sekolah), motivasi (dipergunakan untuk menempelkan karya siswa sehubungan dengan pekerjaan tertentu), dan instruksional (dipergunakan untuk mempresentasikan pelajaran yang ada di kurikulum).

PERENCANAAN PEMBUATAN MEDIA
  1. Perencanaa Secara Umum
  1. Perencanaan dan Kreativitas
  • Hal yang berhubungan dan juga tampak berlawanan dalam pengembangan media: (1)menghendaki prosedur perencanaan yang terstuktur yang membutuhkan pengorganisasian, memperhatikan urutan yang logis, dan integritas terhadap keutuhan pesan. (2)menghendaki alur ide dan ekspresi yang bebas dan tak terstuktur
  1. Mulai dengan kegunaan/ ide
  • Ide yang lebih berguna adalah ide yang berhubungan dengan kebutuhan suatu kelompok siswa.
  1. Memotivasi, member informasi/ mengajarkan sesuatu
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan media dengan penekanan pada masing-masing aspek: (1)untuk memotivasi – teknik dramatis dan menghibur (2)untuk memberikan informasi – untuk presentasi (3)untuk mengajarkan sesuatu – keaktifan peserta dalam mempresentasikan informasi agar media tersebut tetap menyenangkan dan memberikan pengalaman yang mengasikkan.
  1. Mengembangkan tujuan
  • Kegunaan: menyediakan petunjuk yang jelas apa yang harus dimuat dank e mana arah dari suatu presentasi.
  • Kelompok tujuan pembelajaran: kognitif (berhubungan dengan pengetahuan dan informasi), afektif (sikap, apresiasi dan nilai), psikomotorik (ketrampilan)
  1. Mempertimbangkan audience
  • Mereka yang akan melihat menggunakan dan belajar dari media yang dibuat
  • Seperti usia, tingkat pendidik, pengetahuan terhadap subjek, ketrampilan, sikap, konteks budaya, perbedaan individual, kesemuanya perlu diperhatikan dalam membuat tujuan dan topik bahasan.
  • Merupakan hal yang dominan manakala mempertimbangkan kompleksitas, ide, topic, kosakata.
  1. Membuat outline
  • Sangat diperlukan dalam mendisain suatu media
  • Media display: dibuat garis-garis skala pada outline dan pada media yg dibuat kemudian dalam outline ditempatkan gambar(objek), narasi yang diperlukan, garis, warna.
  1. Bekerja dalam tim

  1. Perencanaan Visual
  1. Elemen
  • Macam elemen:
  1. visual
  • Dipilih untuk situasi tertentu tergantung pada isi, pelajaran
  • Bentuk visual: realistic, analogik, organisasional.
  1. verbal
  • sebagai pelengkap visual dalam memasukkan informasi verbal.
  • Perlu memperhatikan penggunaan huruf-huruf(bentuk, jumlah bentuk yang digunakan, huruf besar, warna, ukuran, jarak antarhuruf, spasi).
  • Elemen yang menambah daya tarik: kejutan, tekstur, interaksi.
  1. Pola
  • Faktor yang mempengaruhi keseluruhan penampilan display: kelurusan, bentuk (huruf O, T, dan S), keseimbangan (model simetris/ keseimbangan formal), gaya (untuk SD:popular/informal, SMP&SMA:lebih formal dengan pembagian wilayah permukaan display) dan warna.

  1. Pengaturan
  1. Kedekatan
  2. Arah
  3. Konsistensi

PENGENALAN KOMPUTER
  1. Perangkat dan Aplikasi Komputer
  • Personal Computer (PC) berkembang sejak tahun 1980.
  • Kegunaan PC: pengetikan, desain dan pembuatan grafik, penyimpanan data, pengolahan data, telekomunikasi melalui jaringan.
  1. Jenis-jenis Komputer
  • Jenis computer berdasarkan kapabilitas/ kemampuannya: desktop computer (computer yang terdiri dari perlengkapan dasar yang statis, tidak dapat dibawa-bawa dan biasa diletakkan di meja kerja), laptop computer (computer yang dapat dipindah-pindahkan dan dibawa-bawa setiap saat sesuai dengan keperluan), PDA (computer kecil yang mempunyai ukuran sebesar saku dan biasa juga disebut Palmtop)
  • Microcomputer: jenis computer yang digunakan dalam berbagai keperluan.
  • Komponen PC: peranti masukan/ input device, CPU dan monitor, printer/ output device
  1. Sistem dan Komponen Komputer
  • Perangkat keras computer disebut hardware.
  • Perangkat keras adalah perangkat fisik computer yang terdiri dari: input devices, CPU dan monitor, output devices.
  • Input devices: sarana yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam computer. Contoh: mouse, scanner, camera digital dan keyboard.
  • CPU berfungsi untuk pengolahan data, menyimpan data dan informasi yang diperlukan.
  • Monitor berfungsi sebagai layar yang menampilkan informasi baik dalam bentuk kata-kata maupun gambar yang disebabkan oleh hasil dari pemrosesan data.
  1. Perangkat Lunak/ Software
  • Dengan software dapat memerintah sebuah computer untuk melakukan tugas-tugas terntu.
  • Jenis software: pengolahan kata/ word processing (M.Word), Spread sheet (M.excell), pemrograman (turbo pascal), menggambar (free hand & corel draw), system operasi (window/ linux), database (visual basic).
  1. Tahap Pengolahan dan Pemrosesan Data Melalui Komputer
  • Fungsi computer: sarana untuk pengolahan dan pemrosesan data, dan beberapa aktivitas computer dalam melaksanakan tugas tersebut adalah: tahap input, tahap pemrosesan, tahap output, tahap penyimpanan informasi.
  1. Komputer dalam Dunia Pendidikan
  • Untuk mengajarkan tentang computer, system computer itu sendiri. Misal jurusan TI.
  • Untuk mengajarkan berbagai mata pelajaran
  • Untuk keperluan pengelolaan sekolah

BENTK-BENTUK INTERAKSI PEMBELAJARAN MELALUI KOMPUTER
  • Heinich, dkk (1986) mengemukakan enam bentuk interaksi pembelajran berupa praktek dan latihan, tutorial, permainan, simulasi, penemuan, pemecahan masalah.

PENGGUNAAN KOMPUTER UNTUK PEMEROLEHAN INFORMASI
  • Tujuan: menjelaskan system operasi windows ’98, mengelola system folder dan file, mengakses internet menggunakan schoetcut pada window’98, mencari situs web home page dan halaman web dengan browser internet explorer, mencetak halaman-halaman web.

PROSEDUR PENGOPERASIAN WINDOW
  • Window: suatu system operasi yang digunakan untuk computer berbasis IBM.
  • Plug and play: suatu konsep dipasang dengan seketika tanpa harus disetel lebih dahulu, jika computer dapat mengenalinya.
  • Multy tasking: suatu kemampuan dari system operasi di mana dua tugas dapat dilakukan bersamaan.
  • Pengoperasian window: menyalakan computer, tekan tombol start, klik tombol mouse bagian kiri pada pilihan program, lalu klik program, dan akan tampil program aplikasi yang akan digunakan.
  • Menggunakan mouse: mengarahkan dan klik tombol mouse kiri/ kanan dari objek terpilih, menggeser mouse sambil menekan tombol mouse kiri dan menahan setelah file terpilih kemudian melepaskan tombol mouse setelah file berpindah.
  • Mengelola file: membuat folder, mencari dan menemukan folder/ file, membuka folder dan file, menamakan kembali file, mengcopy dan memindahkan file, format file, menghapus file, mengakhiri window.

KONSEP INTERNET DAN PROSEDUR PENGGUNAANNYA
  • World wide web (WWW) adalah kumpulan dokumen audio visual yang saling berhubungan sebagai suatu jaringan.
  • Komponen yang menjadikan computer dapat berhubungan melalui jaringan www: computer, modem yang dapat menghubungkan computer dengan ISP/ internet service provider, perangkat lunak web browser untuk mengakses halaman web, server yang merupakan dokumen elektronik.
  • Browser adalah suatu program yang digunakan untuk melihat halaman web.
  • Ada dua program browser: internet explorer dan netscape communicator.
  • Cara membuka browser: (1)langsung klik ikon dari masing-masing apabila icon ada di window sebagai short cut (merupakan ikon yang dapat digunakan untuk menjalankan internet melalui browser dengan cara menekan tombol mouse kanan. (2)melalui langkah saat membuka program dari window (klik start>klik program> dan klik internet explorer/ netscape).
  • Komponen browser: title bar/ baris judul, addres bar/ baris alamat, menu bar, tools bar, jendela search, text hyperlink, hyperlink graphic image, web site information bar.
  • Komponen alamat: nama dari protocol yang digunakan, lokasi dari internet, nama dari organisasi, akhiran yang menunjukkan jenis organisasi dari pemilik website.
  • Home page merupakan halaman pertama dari suatu website, fungsinya sebagai pedoman mengenai dari isi website.
  • Langkah-langkah membuka website: klik ikon browser dari internet explorer, web server dari pemilik situs, tekan tombol “go” pada ujung kanan bagian dari addres.
  • History: suatu peranti untuk membantu mencari halaman-halaman web pada suatu home page dari suatu situs.
  • Merekam halaman web: tentukan halaman web yang akan direkam dengan nama baru, klik menu file dan klik save as, beri nama file, klik save as.
  • Mencetak halaman web: klik menu file dan klik print, pada baris name pilih nama printer yang digunakan klik tombol All dan isikan halaman yang akan dicetak, klik ok.
  • Mencari situs web: klik icon search pada browser, isi kata/ istilah pada kotak isian yang disediakan.
  • Menyimpan alamat pada fasilitas favorites: klik menu favorites dan klik add to favorites, klik icon favorite pada toolbar pada sisi kiri halaman web akan tampil jendela favorite pada bagian atas jendela favorite.




No comments:

follow

Followers

My Blog List