Baca Selanjutnya Di: http://entry44.blogspot.com/2010/04/cara-membuat-link-berkedip-saat-kursor.html#ixzz1NzR3zzVK simfony jiwa: Menguak sikap terhadap perubahan perkembangan pada diri kita

Translate

lagi nge-hop

Saturday, May 14, 2011

Menguak sikap terhadap perubahan perkembangan pada diri kita

 
Pada masa anak menginjak remaja, perubahan entah fisik atau pun yang bersifat psikologis cenderung cepat dibanding perubahan perkembangan  pada usia lanjut. Ini berarti apa yang anak itu rasakan sepenuhnya anda sadari. Contoh komentar yang sering dilontarkan, “Astagfirullah, begitu cepatnya kau tambah besar sejak terakhir kita ketemu, Nak”. Hal itu merupakan bukti bagaimana orang lain memperhatikan perubahan-perubahan ini.

Sama halnya dengan usia lanjut, ketika proses penuaan terus berlangsung, mereka sadar akan kenyataan bahwa kesehatan mereka mulai “berkurang” dan pikirannya mulai “mundur”. Perlu diadakan penyesuaian-penyesuaian baru secara tetap terhadap perubahan ini dalam pola kehidupan mereka. Dengan meningkatnya ketidakmampuan dan kelemahan karena usia lanjut, mereka harus mengurangi kegiatan dan seringkali harus menghentikan aktivitas yang semula memegang peranan penting dalam kehidupan mereka.

Kebanyakan orang cenderung beranggapan bahwa masa lalu adalah lebih baik ketimbang masa kini. Ya, buktinya kenangan dengan mantan pacar lebih membuat anda suka berlama-lama untuk merenung. Atau menangisi penyesalan yang sudah kalian putuskan saat itu lalu mereka berharap bisa mengulang kembali ke masa itu.

Ketika orang menjadi sadar akan perubahan-perubahan yang terjadi atas diri mereka, mereka akan mengambil sikap yang jelas terhadap perubahan ini. Apakah sikap ini akan menyenangkan atau tidak bergantung pada sejumlah faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap terhadap perubahan perkembangan  diri kita adalah: penampilan diri, perilaku, stereotip budaya (Stereotype adalah gambaran-gambaran yang diakui bersama, diterima secara luas dan diwariskan ke generasi. Misal dalam suatu bangsa tiap individu merasa yang lebih tinggi. Atau Hitler (bangsa arya) merasa keturunan pintar), nilai-nilai budaya, perubahan peranan, pengalaman pribadi.

9 fakta yang penting tentang perkembangan: (1)peran kematangan dan belajar dalam perkembangan (2)perkembangan mengikuti pola yang tertentu dan yang dapat diramalkan (3)semua individu berbeda (4)setiap tahap perkembangan mempunyai perilaku karakteristik (5) setiap tahap perkembangan mempunyai resiko (6)perkembangan dibantu rangsangan (7)perkembangan dipengaruhi oleh perubahan budaya (8)harapan social pada setiap tahap perkembangan (9)keyakinan tradisional akan manusia pada semua tingkat usia

No comments:

follow

Followers

My Blog List