Bismillahirrohmannirrohiim
Assalamu'alaykum
PENERAPAN MIND MAPPING
DALAM BIMBINGAN KARIR
DALAM MENINGKATKAN
KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR
SISWA KELAS XI SMK YPE
SAWUNGGALIH KUTOARJO
TAHUN 2010/ 2011
SKRIPSI
Diajukan Kepada Fakultas
Ilmu Pendidikan
IKIP PGRI WATES Untuk
Memenuhi Persyaratan
Guna Memperoleh Gelar
Sarjana Pendidikan
Oleh:
Cahaya Fitria Sari
08312439
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI BIMBINGAN
DAN KONSELING
JURUSAN PSIKOLOGI
PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN (IKIP) PGRI WATES
2011
HALAMAN PENGESAHAN
Dipertahankan
di Depan Dewan Penguji Skripsi
Fakultas
Ilmu Pendidikan IKIP PGRI WATES
dan
Diterima Untuk Memenuhi Sebagian dari Syarat-Syarat
Guna
Memperoleh Gelar Sarjana S1 Ilmu Pendidkan
Pada
Tanggal:
-----
Mengesahkan
Fakultas
Ilmu Pendidikan
IKIP
PGRI WATES
Dekan
(____________)
Dewan Penguji Tanda
Tangan
1. ---- ----
NIP.
2. ---- ----
NIP.
MOTTO
"Kekuatan
pikiran sangat mempengaruhi kemauan dan tekad seseorang karena siapa yang
berfikir dia mampu, maka dia akan mampu menjadi siapapun yang dia
inginkan"
(Dina Wahida)
"Tuhan
telah menganugerahkan untukmu intelegensi dan pengetahuan. Janganlah kau
padamkan lampu kasih sayang Tuhan dan jangan biarkan lilin kearifan mati dalam
kegelapan nafsu dan kesalahan. Karena seseorang yang bijak mendekati manusia dengan obornya untuk
menerangi jalan umat manusia".
(Kahlil Gibran)
"Jangan
pernah menyesali apa yang telah kau jalani dan yang telah kau dapatkan,
melangkah dengan semangat yang baru karena dengan keyakinan dan usahamu kau
mampu memperoleh lebih dari yang kau dapatkan saat ini. Jangan lupa semua yang
kau miliki adalah karunia-Nya".
(I Gusti Ayu Sri Yuniarni)
PERSEMBAHAN
Terimakasih Allah SWT,
Atas nafas, logika, hikmah dan semua
karunia-Mu
sehingga karya sederhana ini bisa selesai.
Amin........
Dengan segenap cinta dan kasih
kupersembahkan karya sederhana ini untuk
keluargaku...
Mama dan Papi...
Kakakku yang sudah meninggal (Sukmasih
Permana)telah memberiku inspirasi ini,
Suami tercinta (Heri Tri Rahajo)untuk
semua yang kau berikan dengan kasih sayang dan kesabaran dalam menghadapiku,
Anakku tersayang (Tresna Falih
Atharyu)yang menjadi semangatku.
Teman-teman dekatku (Yanti, Mba Leha, Ka
Santos, Ka Oman, Ka Aden, Ka Andru, Ka Harakalis, Ka Ian) yang telah memberikan
advise dan apa arti hidup yang sebenarnya.
KATA PENGANTAR
Assalamu'alaikum Wr Wb
Segala puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah atas
berkah, rahmat dan hidayah dan karunia-Nya yang telah diberikan kepada penulis,
sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan skripsi yang berjudul PENERAPAN
MIND MAPPING DALAM BIMBINGAN KARIR DALAM MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA
KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SAWUNGGALIH KUTOARJO TAHUN 2010/ 2011.
Penyusunan skripsi ini digunakan sebagai syarat untuk memperoleh
gelar Sarjana Pendidikan pada Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI WATES.
Penulisan skripsi ini tidak terlepas dari bimbingan dan bantuan dari berbagai
pihak, untuk itu dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada:
1.
Drs. Sumardiono, M.M., selaku Rektor IKIP PGRI WATES.
2.
Drs. Dri Atmaka, M.Pd.,selaku Dekan Fakultas IP IKIP
PGRI WATES.
3.
Drs. Dri Atmaka, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Skripsi yang telah
banyak membantu penulis dengan bimbingan, arahan, semangat, nasihat-nasihat
kehidupan yang begitu berharga bagi penulis dan kesabarannya, sehingga penulis
dapat menyelesaikan skripsi ini. Waktu yang ibu berikan sangat berharga.
4.
selaku Dosen Penguji Skripsi yang telah memberikan masukan dan
saran bagi penulis.
5. ..........,selaku
Pembimbing Akademik yang telah membimbing penulis selama dalam perkuliahan.
6. ........., yang telah
membantu dan mempermudah jalan penulis untuk melakukan penelitian.
7. Segenap Dosen FIP IKIP
PGRI WATES, terimakasih atas ilmu pengetahuan yang telah diberikan.
8. Seluruh staf dan
Karyawan FIP IKIP PGRI WATES.
Akhirnya penulis berharap semoga karya ini dapat
bermanfaat dan dapat menjadi masukan bagi penelitian selanjutnya. Bantuan, doa
dan dukungan semua pihak di atas semoga mendapat balasan yang setimpal dari
Allah SWT.
Wates,
........
Penulis,
Cahaya
Fitria Sari
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
HALAMAN MOTTO
HALAMAN PERSEMBAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GRAFIK
DAFTAR LAMPIRAN
ABSTRAK
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Permasalahan
B. Tujuan dan Manfaat Penelitian
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Perilaku Agresif
1. Pengertian Perilaku Agresif pada
Narapidana
2. Bentuk-Bentuk Perilaku Agresif
3. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku
Agresif
B. Pelatihan Meditasi
1. Pengertian Meditasi
2. Manfaat Meditasi
3. Tahap-Tahap Meditasi
4. Teknik-Teknik Meditasi
C. Efektifitas Meditasi untuk Menurunkan Perilaku Agresif
pada Narapidana Anak
D. Hipotesis
BAB III METODE PENELITIAN
A. Variabel Penelitian dan Devinisi Operasional
B. Manipulasi Variabel Bebas
C. Rancangan Eksperimen
D. Subjek Penelitian
E. Metode Pengumpulan Data
F. Prosedur Pelaksanaan Penelitian
1. Tahap Persiapan Penelitian
2. Tahap Pelaksanaan Penelitian
3. Tahap Pemberian Posttest
G. Metode Analisis Data
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Hasil
1. Deskripsi Data Penelitian
2. Katagori Skor
3. Uji Prasyarat
4. Uji Hipotesis
5. Analisis Tambahan
B. Pembahasan
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN A
1. Skala Perilaku Agresif sebelum Uji Coba
2. Skala Perilaku Agresif Pre-Test
3. Skala Perilaku Agresif Post-test
LAMPIRAN B
1. Data Try-out
2. Data Pre-test
3. Data Penelitian
LAMPIRAN C
1. Uji Validitas dan Reliabilitas
LAMPIRAN D
1. Deskripsi Data
2. Uji Normalitas
3. Uji Homogenitas
4. Uji Hipotesis
LAMPIRAN E
1. Modul Pelatihan Meditasi
2. Dokumentasi Penelitian
3. Surat Ijin Penelitian
4. Lembar Komitmen
5. Lembar Monitoring Diri
6. Lembar Evaluasi
LAMPIRAN F
1. Hasil Wawancara
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan mind mapping dalam bimbingan karir dapat
meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa kelas XI SMK YPE Sawunggalih
Kutoarjo tahun 2010/2011. Melalui penerapan mind
mapping siswa dapat membuat perencanaan karir sesuai dengan gayanya
masing-masing.
Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) dengan subjek
penelitian siswa kelas XI SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo yang berjumlah 40 orang. Metode pengumpulan
data dengan menggunakan angket kemampuan perencanaan karir dan pedoman
observasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik
kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan mind mapping dalam membimbing karir dapat meningkatkan kemampuan
perencanaan karir siswa kelas XI SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo tahun 2010/2011.
Dari hasil uji pre test dan post test akan diketahui bahwa sebelum
tindakan ada beberapa golongan.
Kata Kunci: Kemampuan
perencanaan karir, mind mapping