A.kemampuan mengikuti tugas/pelajaran
- mempertahankan kontak mata selama 5 detik saat dipanggil namanya
- menimbulkan kontak mata saat dipanggil namanya ketika bermain
- menimbulkan kontak mata saat dipanggil namanya dari kejauhan
- bertanya "apa?" dan "iya" ketika namanya dipanggil
B. kemampuan meniru
- meniru kegiatan motorik kasar dengan posisi berdiri
- meniru gerakan-gerakan motorik kasar secara berurutan
- meniru aksi-aksi berurutan dengan berbagai benda
- meniru aksi-aksi bersamaan dengan kata-kata
- meniru pola-pola (formasi/susunan) balok
- menyalin gambar-gambar sederhana
C. kemampuan bahasa reseptif
- identifikasi ruangan
- identifikasi emosi
- identifikasi tempat-tempat
- melakukan perintah 2 tahap
- memberi 2 benda
- menemukan benda-benda yang tak terlihat
- identifikasi (kata sifat)
- identifikasi petugas-petugas di masyarakat
- berpura-pura
- identifikasi kelompok
- identifikasi kata ganti
- melakukan intruksi dengan kata depan
- identifikasi benda yang terlihat ketika diberikan rinciannya
- menempatkan kartu-kartu sesuai urutannya
- identifikasi jenis kelamin
- identifikasi barang yang tidak tampak
- menjawab pertanyaaan (apa, siapa, kenapa, dimana, kapan) mengenai benda dan gambar
- menjawab ya / tidak sebagai jawaban atas pertanyaan mengenai benda dan perbuatan (aksi)
- menyebutkan obyek (benda) dengan meraba
D.kemampuan bahasa ekspresif
- meniru ungkapan 2/3 kata
- meminta benda yang diingini dengan menggunakan kalimat sebagai jawaban "Mau apa?"
- meminta benda yang diingini secara spontan dengan menggunakan kalimat
- memanggil orang tua dari kejauhan
- menyebutkan nama label benda berdasarkan fungsi
- menyebutkan label fungsi dari benda
- menyebutkan nama label serta menunjuk bagian tubuh sesuai fungsinya
- menyebutkan fungsi bagian-bagian tubuh
- menyebutkan nama tempat-tempat
- menyebutkan emosi
- menyebutkan kategori
- menggunakan kalimat sederhana (ini adalah.., saya melihat.., saya mempunyai..)
- saling berbalasan informasi (saya mempunyai.., saya melihat.., informasi sosial)
- menyatakan "(saya)tidak tahu" jika diminta untuk menyebutkan nama benda yang tidak dikenal
- menanyakan pertanyaan (apa, siapa, dimana, kenapa/mengapa, kapan/bilamana): "Apa itu" dan "dimana(kah)..."
- menyebutkan kata depan
- menyebutkan kata ganti
- menjawab pertanyaan pengetahuan umum